Sejarah Web blog

Sejarah weblog atau dikenal dengan blog saat ini sudah sangat mewabah dikarenakan kemudahan dalam membuatnya. Hingga saat ini tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah atau lebih blog pribadi yang terbesar dan terus di update setiap harinya di seluruh penjuru dunia.

Blog perupakan singkatan dari “Web Bog” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutanterbalik (isi baru terbaru dahulu lalu dilanjutkan yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya diakuisisi Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersipat open source yang diperuntukan kepada pengembangan dan penulis blog.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sekedar sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanyeu politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagaian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis.

Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang memperkenankan para pengunjunguntuk meninggalkan sebagi komentar atas isi dari artikel yang kita publikasikan, namun ada juga yang sebaliknya.

Komunitas bloger (sebutan bagi para pemilik blog) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger yang ada berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti topic yang dibahas, kesamaan asal daerah, Campus, Hobie dan sebagainya. Para blogerbiasanyasering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopidarat (bertemu langsung) dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ngeblog istilah bahasa Indonesia untuk blogging dilakukan hamper setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog yang bersangkutan. Juga untuk mengetahu sejauh mana blog tersebut dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Saat ini ada lebih dari 12 juta blog yang bias di temukan di internet. Dan tentunya masih akan terus berkembang seiring dengan waktu, karena saat ini banyak sekali software, tool, dan penyedia layanan pembuat blog gratis di internet yang mempermudah para blogger untuk membuat dan merawat blognya.

Di Indonesia sendiri blog sudah mulai marak dibuat seiring dengan banyaknya pengguna internet di seluruh penjuru tanah air yang makin bertambah setiap harinya. Enda Nasution disebut bapak blog saat ini blog yang dikelolanya telah memiliki banyak sekali tulisan dan artikel yang menjadi inspirasi bagi banyak blogger Indonesia untuk terus menulis dan mempublikasikan pikiran cerdas mereka dalam bentuk blog di dunia maya. Untuk daftar penyedi layanan blog gratis silahkan klick Daftar Penyedia Layanan Blog Gratis. Anda bisa tentukan mana layanan yang andaminati.

Comments :

0 comments to “Sejarah Web blog”

Post a Comment